FAN BOX


PADA SUAMI ADA HAK-HAK ISTRI

"...Dan mereka (para perempuan) mempunyai hak seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang patut..." (Al-baqarah: 228)
1. Membayar mahar. Mahar adalah kewajiban suami. Sebenarnya mahar merupakan isyarat yang menunjukkan kelak suami berkewajiban memberi nafkah kepada istri. Artinya, kasab (bekerja) menjadi kewajiban suami. hasil kasab berupa nafkah selanjutnya menjadi hak istri. "Siapa pun laki-laki yang menikahi seorang wanita, baik dengan mahar yang sedikit maupun banyak, sementara dalam dirinya tidak ada maksud untuk menunaikan mahar tersebut-ia bermaksud menipu istri-lalu ia meninggal dunia sebelum membayar hak istrinya, maka pada hari Kiamat ia menemui Allah dalam keadaan membawa dosa zina." (HR ath-Thabrani)

2. Memperlakukan istri dengan baik. Bagaimana pun istri adalah pilihan seorang suami. Sebuah pilihan berarti keputusan yang tentu harus dipertanggungjawabkan. Bentuk tanggung jawab itu di wujudkan dengan kesiapan menerima istri apa adanya. Ketika suami memilih seorang istri sebagai pendamping hidup, ia harus siap menerima sang istri dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Sebab, kekurangan itu pasti ada, begitu juga kelebihan. Kekurangan seyogianya tidak dijadikan alasan untuk memperlakukan istri secara semena-mena. Tidak ada manusia yang sempurna. Kesempurnaan hanya milik Sang Pencipta, Allah ta'ala

3. Memberi istri nafkah yang halal. Nafkah tak sekedar nafkah. Harus halal, baik barang maupun cara mendapatkannya. Memberi nafkah haram sama saja dengan menjerumuskan istri ke jurang neraka. " Setiap daging yang tumbuh dari barang yang haram, neraka lebih pantas untuknya," demikian sabda rosulullah saw.. Keberkahan keluarga itu tidak tergantung pada kemewahan. Apalah artinya harta berlimpah ruah kalau didapat dengan cara yang tidak halal. Rasulullah saw. bersabda, "Hak seorang istri yang merupakan kewajiban suami adalah memberi makan istrinya apabila ia makan, memberinya pakaian bila ia punya, serta tidak boleh memukul muka (istri), tidak boleh menjelek-jelekan (istri), dan tidak boleh meninggalkannya, kecuali di dalam rumah (bila istri nusyuz)." (HR ath-Thabrani)

4. Bersikap lemah lembut dan sabar terhadap istri. Suami adalah pemimpin di keluarga. Pemimpin bijak akan menghadapi segala persoalan dengan kesabaran. Hati boleh kesal, tapi sikap, ucapan, tindakan dan pikiran harus tetap jernih. Emosi marah mesti dikendalikan. Sebab, seringkali marah berujung pada penyesalan. Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa menahan amarah, padahal ia sanggup melampiaskannya, niscaya Allah memenuhi hatinya dengan ketentraman dan keimanan." (HR Abu Dawud)

5. Mendidik dalam keluarga. Menelantarkan kelurga (istri dan anak-anak) adalah tindakan yang zalim. baik-buruk kelurga merupakan tanggung jawab suami. Sebagai kepala keluarga, suami harus menjaga istri dan anak-anak. Tidak hanya menyangkut masa depan mereka di dunia, tapi juga nasib mereka di akhirat kelak. Keluarga yang saleh hanya akan terbentuk kalau masing-masing anggota keluarga sadar betul akan kewajiban-kewajiban agamnya. Mendidik, mengajari, membiasakan, dan memberi teladan merupakan upaya suami dalam menjalankan kewajiban menjaga kelurga dari api neraka. "Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kamu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya adalah para malaikat yang kasar lagi kera. Mereka tidak pernah mendurhakai Allah atas apa pun yang diperintahkan kepada mereka. Mereka senantiasa mengerjakan segala yang diperintahkan kepada mereka." (at-Tahriim: 6)

Sumber : When I Love You. Menuju Sukses Hubungan Suami Istri. Mohamad Zaka Al Farisi. GEMA INSANI. Jakarta, 2008


0 komentar to "PADA SUAMI ADA HAK-HAK ISTRI"

Posting Komentar

n_n

LOVE BISNIS

LOVE BISNIS
Klik Gambar Di ATAS kalau mau SUKSES BARENG

Teh Bolong Teh Herbal 100% Alami

Teh Bolong Teh Herbal 100% Alami
PESAN SEGERA,!!!

About Me "Bhannie"

Time

Guest Book

Bird

^_^ Ahlan Wa Sahlan

Love Indonesia,,^_^

BENDERA MERAH PUTIH Pictures, Images and Photos berkibarlah indonesia Pictures, Images and Photos

Followers

Site Counter

free counters
Web hosting for webmasters